Senin, 17 Maret 2014

Narasi - Persuasi - Eksposisi - Deskripsi

        I.            NARASI
Karangan narasi adalah  karangan yang bertujuan menceritakan atau mengisahkan peristiwa dalam satu urutan waktu. Narasi harus mengungkapkan kronologis peristiwa dari awal sampai akhir yang terdiri dari beberapa unsur pokok, yakni kejadian, tokoh, dan konflik. Bersatunya ketiga unsur tersebut akan membentuk sebuah alur atau plot.
Ciri – ciri karangan Narasi
a.        Adanya unsur perbuatan atau tindakan
b.      Adanya unsur rangkaian cerita
c.       Adanya sudut pandang pengarang
d.      Adanya keterangan nama tokoh dalam cerita
e.      Adanya keterangan yang menjelaskan latar kejadian peristiwa
f.        Unsur pikiran lebih tajam dibandingkan unsur perasaan
g.        Menggunakan bahasa sehari-hari


Contoh karangan Narasi

Suasana benar-benar kacau bakat. Beberapa orang melompat ke tepi dan menebur ke kali. Beberapa perahu yang lepas tampak melaju menuju hulu. Yang lainnya menyusul, sementara menanti terdengar riuh sekali. Begitu saja keadaan terjadi. Arus deras dari kampar-kampar menyerbu dari hulu membantu sampan-sampan ke hilir. Lengking suara orang dan tabuhan gong menandakan tibanya petaka. Asap yang terkepul hitam legam menunjukkan bahwa sedang terjadi kebakaran (Rotan, karya Korrie Layun Rampan).

      II.            PERSUASI

Paragraf persuasi adalah bentuk karangan yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang, baik pembaca maupun pendengar agar melakukan sesuatu yang dikehendaki penulis. Salah satu bentuk paragraf persuasi yang dikenal secara umum adalah propaganda yang dilakukan berbagai badan, lembaga, atau perorangan.

Ciri – ciri paragraf Persuasi

a.       Persuasi berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah. 
b.      Harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya.
c.       Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui
d.      kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
e.      Persuasi sedapat mungkin menghindari konflik agar kepercayaan tidak
f.        hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
g.       Persuasi memerlukan fakta dan data.

Contoh paragaraf Persuasi

Kebersihan adalah hal terpenting dalam kehidupan. Tanpa kebersihan, mungkin dunia kita akan dipenuhi dengan sampah. Dimana - mana terjangkit beragam jenis penyakit yang akan menghantui manusia. Beragam bencana pun akan timbul. Oleh karena itu, marilah kita ciptakan kebersihan dimanapun kita berada.

    III.            EKSPOSISI

Paragraf eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.
Paragraf Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup. Hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.
                Ciri – ciri paragaf Eksposisi
a.        berusaha menjelaskan tentang sesuatu
b.       gaya tulisan bersifat informatif
c.        fakta dipakai sebagai alat kontribusi
d.       fakta dipakai sebagai alt konkritasi
Contoh paragraf Eksposisi
Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

    IV.            DESKRIPSI

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang isinya melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata-kata yang dapat merasang indra pembaca. Artinya penulis menginginkan agar pembaca bisa ikut melihat, mendengar dan merasakan melalui tulisan yang ditulisnya.

Ciri – ciri paragraf Deskripsi
a.       Memberikan gambaran tentang suatu benda, tempat atau suasana .
b.      Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra.
c.       Mempunyai tujuan agar seolah - olah pembaca bisa ikut mendengar, melihat atau merasakan apa yang dideskripsikan oleh penulis.
d.      Memberikan penjelasan mengenai objek yang dideskripsikan, bisa berupa warna, ukuran, sifat dan lain -lain.

Contoh paragraf Deskripsi

Kantor itu dicat merah menyala, mencolok dibandingkan dengan kantor sejenis di komplek itu. Ketika kami masuk, kami melihat lobi kantor yang cukup berantakan. Meski berantakan, fasilitas di kantor itu lengkap. Masih ada sofa yang bisa dipakai duduk. Di belakang lobi ada ruangan tertutup dengan menyisakan lorong untuk masuk ke lantai atas. Di dinding lorong tertempel foto - foto kegiatan kantor serta beberapa piagam penghargaan.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar