Selasa, 31 Januari 2017

APA ITU VIRTUAL REALITY (VR)


Virtual Reality (VR) akhir -  akhir ini sedang booming di masyarakat dan mungkin akan menjadi suatu hal yang trending di masa yang akan datang.
Samsung Gear VR headset where to buy

 

Virtual Reality ?

Virtual Reality atau VR adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia Virtual Reality dikenal dengan istilah Realitas Maya.

Virtual Reality siapa saja yang sudah menggunakannya ? Jadi, virtual reality adalah teknologi yang mampu membuat suasana 3D yang nyata, sehingga penggunanya dapat merasakan sensasi simulasi seperti di dunia nyata melaluli teknologi ini. Teknologi ini sudah digunakan mulai dari sekedar hobi hingga pekerjaan yang suka merasakan sensasi dunia maya yang nyata.

 

Perangkat dan Elemen Virtual Reality (VR)

Apa yang diperlukan untuk menggunakan Virtual Reality ? Untuk memunculkan sensasi nyata dari virtual reality diperlukan perangkat pendukung biasanya berupa helm, walker, headset, suit dan sarung tangan.

Ada 4 elemen yang penting dalam Virtual Reality:
  • Virtual world, sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script.
  • Immersion, sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Immersion dibagi dalam 3 jenis, yakni:
    •      Mental immersion, membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata.
    •     Physical immersion, membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut.
    •     Mentally immersed, memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan virtual reality.
  • Sensory feedback berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual (penglihatan), audio (pendengaran) dan sentuhan.
  • Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world.

Pengguna Virtual Reality akan melihat dunia semu menjadi lebih dinamis. Semua elemen yang terdapat dalam teknologi ini akan membuat penggunanya merasa sedang berada didunia nyata secara fisik maupun psikologis.

Sebuah teknologi dapat dikatakan sebagai Virtual Reality jika sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:
  • Tampilan gambar / grafis / visualisasi 3D tampak nyata dan sesuai dengan perspektif dari penggunanya.
  • Mampu mendeteksi semua gerakan dan respon dari pengguna, seperti gerakan kepala atau bola mata pengguna. Ini dibutuhkan agar tampilan grafis dapat sesuai dengan perubahan dunia 3D dari pengguna itu sendiri.

Sumber :

http://carisinyal.com/teknologi-virtual-reality/

https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya

https://i2.wp.com/vrscout.com/wp-content/uploads/2015/11/samsung-gear-vr-oculus-headset.jpg?resize=810%2C460
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar