1. TIPE DATA
Tipe data adalah suatu media atau memori pada komputer yang digunakan untuk menampung informasi.
TIPE
DATA |
KETERANGAN
|
JANGKAUAN
|
UKURAN
|
CHAR
|
UNTUK MENYIMPAN KARAKTER
|
SIGNED : -128 TO 127
UNSIGNED : 0 TO 255
|
1 BYTE
|
WCHAR_T
|
UNTUK MENYIMPAN KARAKTER LEBAR BESARNYA UNICODE
|
1 KARAKTER LEBAR
|
2 BYTE
|
SHORT INT (SHORT)
|
UNTUK MENYIMPAN BILANGAN BULAT DENGAN JANGKAUAN PENDEK
|
SIGNED : -32768 TO 32767
UNSIGNED : 0 TO 65535
|
2 BYTE
|
INT
|
UNTUK MENYIMPAN BILANGAN BULAT DENGAN JANGKAUAN MENENGAH
|
SIGNED : -2147483648 TO 2147483647
UNSIGNED : 0 TO 4294967295
|
4 BYTE
|
LONG INT (LONG)
|
UNTUK MENYIMPAN BILANGAN BULAT DENGAN JANGKAUAN PANJANG
|
SIGNED : -2147483648 TO 2147483647
UNSIGNED : 0 TO 4294967295
|
4 BYTE
|
FLOAT
|
UNTUK MENYIMPAN BILANGAN CACAH
|
3.4e +- 38 (7 DIGITS)
|
4 BYTE
|
DOUBLE
|
UNTUK MENYIMPAN BILANGAN CACAH DENGAN KETELITIAN GANDA
|
1.7e +- 308 (15 DIGITS)
|
8 BYTE
|
LONG DOUBLE
|
UNTUK MENYIMPAN BILANGAN CACAH, DENGAN KETELITIAN GANDA LEBIH DETAIL
(PANJANG) |
1.7e +- 308 (15 DIGITS)
|
8 BYTE
|
BOOL
|
UNTUK PERNYATAAN TRUE OR FALSE
|
TRUE OR FALSE
|
1 BYTE
|
2. KONSTANTA
Adalah suatu identitas memori untuk menampung nilai atau informasi yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah ubah.Contoh :
Void main(){ const a = 3.14; cout << "a= "<<a; getch(); }
3. VARIABEL
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan, dengan kata lain variabel adalah suatu memori dengan identitas tertentu untuk menampung nilai atau informasi baik yang tetap maupun yang berubah – ubah.Mendeklarasikan Variabel
Prosedur penerapan variabel dalam program utama haruslah dideklarasikan terlebih dahulu, pengertian deklarasi dalam pemrograman c++ adalah melakukan inisialisasi variabel dengan nama dan tipe data yang digunakan, sehingga nantinya dapat dikenali oleh program.
SUMBER : www.gatewan.com
0 komentar:
Posting Komentar